Penyakit Kulit Mata Ikan

Penyakit kulit mata ikan atau dalam dunia kedokteran biasa disebut dengan clavus adalah penyakit kapalan. Gumpalan kulit yang mengeras di telapak tangan atau kaki. Kadang-kadang terasa ssakit. Lpasian kulit ini akan merupakan lapisan kulit yang menebal dan mengeras. Biasanya terdapat pada telapak kaki, terutama tumit dan jari kaki, kadang pada telapak dan buku jari tangan. Penyebab dari penyakit mata ikan clavus adalah disebabkan karena adanya tekanan sepatu yang terlalu sempit dan cara berjalan, atau gesekan yang terus menerus dengan suatu benda.

Biasanya penyakit kulit mata ikan atau clavus ini biasa diidentikan dengan penyakit pekerja kasar. Biasanya penyakit mata ikan ini akan terasa sakit pada pagi hari, apalagi jika saat berjalan. Penyakit mata ikan ini bisa dihilangkan salah satunya adalah dengan cara operasi dirumah sakit. Operasi ini biasanya akan selalu berhasil, namun selesai operasi kadang penyakit mata ikan ini biasanya masih tetap ada dan mengeras. Penyakit mata ikan ini merupakan salah satu penyakit tumor jinak. Oleh sebab itu, jika melihat tanda-tanda kapalan seperti itu cepatlah ditangani. Rasa sakit bisa menyebar ke daerah kaki yang lain bahkan tidak jarang juga tumbuh mata ikan pada permukaan kulit lainnya.

Sebaiknya penyakit kulit mata ikan dan kutil tidak dibiarkan, jika mata ikannya masih kcil bisa diobati dengan asam salisiat 40% namun jika mata ikan sudah sebesar koin sebaiknya segeralah ke dokter, minta dilakukan minor surgery (operasi kecil) tidak perlu takut karena hanya akan dibius local sedikit, lapisan tebal tersebut akan diangkat dan setelah diberi obat akan diperban agar lukanya kering dan sembuh.  Untuk pengobatan mata ikan adalah tekanan dan gesekan berlebihan yang terus menerus. Mata ikan ini lebih sering ditemukan pada rang yang menggunakan sepatu yang tertutup. Resiko juga lebih tinggi pada orang yang menggunakan alas kaki yang sempit dan pasien yang gemuk, karena tekanan pada kaki menjadi lebih besar.

Mengobati mata ikan dengan cara tradisional juga dapat dilakukan dengan mengolesi dengan getah labu siam sampai mata ikan itu hilang, dan rasa sakitnya lenyap. Atau dapat dilakukan dengan merendam air hangat-hangat kuku yang telah diberi sabun lembut selama sekitar 15 menit. Bagian yang mengeras digosok perlahan menggunakan batu apung. Jangan dipaksa, karena ini dapat menimbulkan luka. Jangan lupa memilih alas kaki yang lunak.

Resep tradisional 1 yang dapat menghilangkan mata ikan (clavus) adalah dengan:

Bahan : getah kamboja secukupnya

Cara memakai :

  1. Teteskan getah kamboja pada kulit yang kapalan atau mata ikan
  2. Lakukan setiap hari sampai sembuh

Resep tradisional 2 untuk penyakit mata ikan :

Bahan : Pepaya muda

Cara pemakain :

  1. Potong bahan secukupnya
  2. Oleskan getah papaya muda pada bagian yang kapalan atau mata ikan.

 


=====================================

>>> Plester Obat Kutil / Mata Ikan Untuk Mengobati Penyakit Kutil / Mata Ikan, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in mata ikan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *